Senin, 02 Januari 2012

Tukang Es Sementara

Sebelumnya aku mau terima kasih dulu sama Opera Mini yang makin mendeketkan aku sama blog tanpa harus online di PC. Jadi, masih bisa ngepost dan gak perlu protes2 lagi :)

Kemarin aku jalan ke mall sama papa mamaku. Mereka ngambil jahitan baju di salah satu toko. Yang ternyata penjahitnya itu bener2 profesional. Aku cuma diem dan ngeliatin kain2 bertebaran disitu. PM (Papa-Mama) malah keliatan menikmati gitu pilih2 kainnya. Aku bosen bgt disitu. Tapi gak jadi soalnya ada foto2 di meja kaca tempat bayar gitu. Aku duduk sambil ngeliatin foto2nya. Ternyata paknya ini pernah njahitin Titiek Puspa, Chris John, sama Hetty Koes Endang (bener kan nulisnya?) Aku takjub gitu rasanya pgn meleleh (nggak juga) habis gitu aku ngeliat kumpulan foto pernikahan. Entah maksutnya apa. Akhirnya aku tau soalnya yg dimaksud itu contoh2 baju pernikahan. Maklum penjahit.

Eh aku kayaknya pernah keinget sesuatu deh yang berhubungan dgn acara tapi bukan pernikahan. Kayaknya aku inget tapi semi lupa. Pas pulang naik mobil aku ngeliat dari jendela. Aku liat tukang jual es puter. Jadi haus banget soalnya waktu itu cuaca puanaaaaassss sekali. Maklum surabaya. Terus aku mulai bener2 teringat sesuatu.

Jadi, dulu udah lama banget kali ya. Aku sama keluarga ke acara manasik hajinya pakdeku. Di rumahnya. Disana mungkin udah telat banget soalnya pakdeku udah keliling dari tamu ke tamu minta doa restu. Karena itu kerabatnya mama, mama langsung masuk tanpa perlawanan. Aku sama papa, kak dimas, dan kak iqbal cuma bisa diem pasang straight face. Terus pakde jalan ke arah kita sambil cipika cipiki minta dores (doa restu) terus belakangnya ada istri sama 2 anaknya, cewek. Cuaca hari itu puanas bangetnget, jadinya aku masuk lewat tenda terus masuk rumahnya pakde. Ada eyang2 dari penjuru kota (lebay) aku salimin terus ngobrol bentar. Habis dari situ langsung ambil makan. Waktu itu bebek goreng, nasi sama sambel.

Aku duduk di pojokan masang tampang tak berdosa sama papa. Kakak2ku habis makan langsung cus makan es campur deket situ. Konon katanya, seger banget uenaak. Saking aja aku gak ikut. Aku sama papa haus banget kompakan deh pokoknya. Mau yang seger manis tapi males ngeluarin dompet. Yaudah akhirnya ke sektor es puter di acara itu. Karena antrian cukup padat dan yang ngelayanin cuma satu, papa gak kuat saking gerahnya. Aku juga. Akhirnya aku dan papa mengerahkan kekuatan buat ngelayanin sendiri. Jadi papa ngambilin es puter gitu pake scoop, aku juga bantuin. Habis gitu mumpung masih pegang scoop aku ngisi mangkoknya orang2 yang kegerahan itu. Dibantu sama papa sambil ngomel.

Kerja keras banget, orang2 banyak yang bersorak... Minta diisin es puter di mangkoknya. Aku sama papa udah kegerahan ditambah lagi digencet orang2 yang sudah haus es puter. Keringet ngucur gak tau dah ngucur sampe esnya apa enggak :p dan akhirnya berhenti di tengah2. Papa teriak cukup keras (hanya di sektor sana)

"Sisanya layani sendiri!"

Orang2 itu pun langsung lemas dan harapan diisikan es pun langsung pupus. Aku yang digencet orang banyak ditarik sama papa.

"Kalo nglayani terus kapan makannya?"
"Iyo pa. Hadeh ternyata jd tukang es gitu ya pa"

Terus kita cengengesan bareng dan keliling dari sektor satu ke sektor lain. Beneran. Tangan rasanya mau putus. Bener2 kerja keras. Saking aja gak dapet upah. Huhuhu

-sekian-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar